Melanie Subono=Duta Komnas Perempuan , Sahabat Perempuan

20 Apr 2009

Besok, 21 April 2009, Melanie Subono diangkat menjadi Duta / Sahabat Perempuan oleh Komnas Perempuan Anti Kekerasan terhadap Wanita, sekaligus mendonasikan lagu Hey Wanita untuk Program Peduli Perempuan .
(aksi damai akan dilangsungkan di bunderan HI siangnya pukul 15.00, terbuka untuk media dan umum)

Melanie Subono punya cara yang unik dalam mendukung program pemberdayaan perempuan. Musisi yang punya concern terhadap persoalan yang dihadapi kaum perempuan ini menyumbangkan lagu Hey Wanita dalam format nada sambung pribadi (ring back tone) untuk Peduli Perempuan. Lagu ini dapat diunduh oleh masyarakat pengguna telepon genggam. Dengan mengunduh lagu Hey Wanita, pengunduh sudah otomatis menyumbang untuk program Peduli Perempuan. Masyarakat bisa mengunduh lagu itu dengan cara mengetik SET(spasi) mel2 ke 808 bagi pengguna Indosat. Lagu Hey Wanita juga akan diputar di berbagai event Peduli Perempuan karena dianggap mampu mengangkat persoalan yang dihadapi kaum perempuan. Lagu ini juga juga dinilai bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk menghargai hak-hak perempuan.

Pada tanggal 21 April ini, selain mendonasikan lagunya, Melanie juga diangkat menjadi Sahabat Peduli Perempuan, atau salah satu Duta dari Komnas Perempuan, dan memfokuskan dirinya di bagian Kekerasan Terhadap Wanita. Sahabat Peduli Perempuan adalah seorang tokoh publik yang memiliki visi dan misi serta memegang prinsip yang sejalan dengan penegakan hak perempuan, serta berkomitmen untuk mendukung program Peduli Perempuan. Sebagai sahabat Peduli Perempuan, Melanie akan menjadi salah seorang spoke person dan pendukung kampanye penggalangan dana untuk program-program Peduli Perempuan selama setahun ke depan. Melanie dipilih karena dinilai punya kepedulian yang tinggi terhadap persoalan-persoalan perempuan, khususnya isu kekerasan terhadap perempuan. Kepedulian itu ia tunjukkan melalui lagu dan program sosial yang dilakukan bersama komunitas yang dibinanya.

Melanie, selain mengikuti kampanye bersama dengan Peduli Perempuan, penyanyi beraliran rock ini juga akan melakukan kampanye ke para penggemarnya yang tersebar berbagai kota. Ia akan menyebarkan informasi tentang persoalan-persoalan perempuan dan mendorong masyarakat, khususnya para fansnya untuk membantu mengatasi persoalan itu dengan mendukung kampanye penggalangan dana Peduli Perempuan. Komunitas penggemar lagu-lagu Melanie bisa berdonasi dengan mengunduh Hey Wanita sebagai nada sambung pribadi.

Peduli Perempuan merupakan program aksi bersama penggalangan dana dan daya (barang dan volunteer) untuk mendukung program pemberdayaan perempuan di Indonesia. Program ini diharapkan bisa membantu perempuan mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya, seperti kekerasan, perdagangan perempuan (trafficking), minimnya akses terhadap pendidikan, kesehatan reproduksi dan pemberdayaan ekonomi. Kampanye penggalangan dana yang digagas oleh 7 organisasi ini akan akan di luncurkan bersama pada tanggal 21 April 2009. Selain RBT, ada beberapa skema yang akan dipakai dalam menggalang dana itu antara lain sms donasi dan fund screening, yakni pemutaran film Pertaruhan dan Perempuan Punya Cerita di berbagai kampus dan komunitas perempuan.

Kegiatan sosial bukan hal baru bagi Melanie. Sebelum bergabung dengan Peduli Perempuan dia sudah memulai dengan mendirikan kelompok-kelompok belajar yang ditujukan khusus untuk anak-anak jalanan di beberapa kota. Melanie mendukung program ini dalam bentuk penyediaan sarana belajar dan menjadi salah satu fasilitator belajar ketika Melanie sedang tour atau berkunjung ke kota bersangkutan.
Penandatanganan ini akan dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Wanita Indonesia di pagi hari, dan pukul 3 siang, akan diadakan aksi damai di Bunderan HI.

Info selanjutnya tentang Melanie dapat diakses Melalui www.slankfansclub.com/melanie , www.melaniesubono.blogdetik.com , atau hubungi : 021 57988623/4/5.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post