KISAH 15 HARI

4 Apr 2014

Kisah 15 Hari

Surat terbuka untuk:

Sahabat, Media, Donatur, Pembenci, para saudara di seluruh Indonesia, Para Pejabat, dan semua yang gak tersebut,para saudara yang sudah tidak ada, terpancung, hilang, menanti nasib atau yang sudah lupa diri entah dimana.

Nama gue Melanie Subono.
Dan gw menulis ini dari Jawa Tengah , pada 3 April 2014, mendekati tengah malam.

Surat terbuka ini merupakan Rilis Yang bs diambi para media, penjelasan untuk para sahabat, dan menjawab mereka yang lebih sering berteriak dari satu sisi saja, dan Fakta.

Bukan pertama kali gw berteriak seperti ini, mulai dari kasus bukan aja hak azasi,tapi juga alam, dan lainnya selama 7 tahun belakangan ini ,dan pujiTuhan semua membuahkan hasil. Bukan untuk gue, tapi untuk sodara2 gw di rumah ini.

Yang disayangkan, banyak temen yang lbh suka ngambil kesimpulan tanpa mengerti apa gerakan besar gw disini.

———————————————————–
Pertama,tudingan ini mendadak gw peduli buruh,itu salah. Tanpa perlu gw jelasin, cari saja sendiri para buruh migran,dan tanya apakah pernah bekerja sama dgn gue.

Lalu kenapa tidak terdengar? Karna gw bukan orang yg kedoyanan masuk tv sampe ke panti asuhan atau ke salon aja harus ngelapor ke tv.
Dan sekedar tau saja, baru kali ini kok tv bereaksi ..umumnya,yang lalu, mereka selalu menganggap ini issue yang tidak akan mengangkat rating.

———————————————————–

Next adalah “Lah kok cuma satinah?”: kata siapa? Tapi memang dia yang tenggat waktunya ada paling dekat dan bisa digunakan sebagai trigger untuk memulai sesuatu yang besar. Karena kita punya pemerintah yang sangat mencintai injury time, dan kisah “jagoan itu munculnya belakangan”, yang sayangnya kali ini kena batunya.

———————————————————–

Tapi kan ini masa kampanye???
justru :
1. Gue butuh banget u/ liat nyata siapa calon yang bereaksi..atau peduli dalam arti sebenarnya. (Asal lo tau cuma ada dua nama yang actually peduli buruh dari bahkan kasus ini blm ada) ..lainnya cuma ngumbar tapi tidak ada pergerakan.

2. Justru..artinya sedikit lagi,masa jabatan SBY akan habis dan saat tidak menjabat, itu akan menjadi alasan cuci tangan. Dan gue tidak akan membiarkan orang yang pd nyoblos dia dulu,tertipu banyak hal, dan semua lewat gitu aja.

———————————————————–

“Gila 21 M buat bayar ,kegedean!! Itu mah dikerjain arab!!!”
Well
Tau kah lo dari jaman entah apa,tiap negara itu punya aturan sendiri. Dan timur tengah memang seperti itu. Tidak pernah berubah.. Lalu kalau memang tidak mau, ngapain msh berangkatin pekerja kesana?

Karena pemerintah masih suka uang nyaris 100T pertahun?
Kita protes 21M besar? Well, siapa suruh tidak dibayar saat itu masih 1.2M ? Dan knp tidak kita protes pda saat pejabat studi banding tanpa hasil yang budgetnya LEBIH bengkak, atau saat nyaris turun , Bpk SBY malah beli pesawat yang berkali kali lipat harganya?
Itu baru pakai pajak kita. Marah lah!!

Dan setelah MC ngasih tau ada yg namanya mafia diyat,mendadak ituuuuu yang dipake istilahnya dimana2
———————————————————–

Pemerintah sudha nolong banyak,nyaris 170 orang diselamat kan ..dan ini sudah nego panjang..

Yes. Mereka berusaha. Saat akhirnya keburu terlihat sama kita. Betul, sudah 170 orang selamat.
Tapi sedikit fakta lupa mereka sampaikan, taukah bahwa hanya di 2013 saja, ada 4 pekerja buruh migran kita meninggal PER HARI?
Dan puluhan fakta lain yang gue memang tau jelas.
Dan tanpa menjelekkan siapapun , kalian tidak ada di posisi saat orang yang lo puja berposisi pembela, saat sepi lebih suka memakai kata kata kasar, seperti “Ah blm mati ini,ribut amat sih” dll … Masalahnya, gw denger. Dan suatu hari itu akan terbuka sendiri kok:).

———————————————————–

Kok Mbela pembunuh sih??? Pencuri???
Ada 4 jawaban gue untuk ini…

1. Gw yakin ga ada orang lakuin itu hanya karena iseng. Trust me.

2. Gue cuma akan terima protes dari dia yang brani tulis di umum.:
“Gue . (Nama) ,dan kalau ini ibu or. Anak gw, akan gw biarin dan tidak perjuangkan”.

3. Alasan ke tiga bisa dibaca nanti di point terakhir tentang kelanjutan rencana ke depan

4. Yang gue ributin bukan Satinah. Tapi yang gw atas nama rakyar ributkan adalah satu standar.
Kita akan sepakat membiarkan proses hukum jalan u/ misalnya pembunuh, asal semua pembunuh dihukum. Termasuk yang rahasia umum dan masih bebas. Penjahat HaM dari tahun dulu sampai sebutlah anak Pejabat yg menabrak mati anak orang dan berjalan jalan bebas.
Itu namanya ADIL.

Kita akan sepakat membiarkan proses mis untuk seorang pencuri..asal,ya sama dong. Pencuri koruptor dll..harus sama. Dihukum. Adil.

Mereka tidak perlu ditebus?
Boleh. Tepat. Negara sedang susah alasannya. Maka gue akan menggalang masa untuk kumpulin uang. Kalau memang benar negara tidak punya uang.
Bukan besoknya beli pesawat.

———————————————————–

Ah kan tar dia lupa diri,ditolong jadi kayak darsem
*hela napas” kasian ama yang nulis gini,artinya emang ga bisa baca … Jelas dari awal gw blg mereka yang bantu via gw, asal disimpang buktinya,kalau mau bisa dikembalikan .. Dan yang mau tetap dipegang di gue, mari kita buat kas besar buat bantu sahabat se indonesia,yang nanti nya akan dibuat transparan,teebuka, dengan web yang smua bisa akses dll.

Tapi,disisi lain…
Lalu kalau darsem begitu,kenapa? Gw juga kena kok sama dia. Apa gue brenti bantu? Enggak.
Apa lo pernah kesel ama temen, yang ga ada masalah ,semua baik,tiba tiba elo emang buat satu kesalahan,dan itu aja yang diinget sampai mati. Gak mau kan ?

Sama…
Kok segitu ga percaya sama Tuhan ya? Gw sih punya Tuhan yang tau niat hati gue … Jadi gw tau ada masanya nanti,masing masing akan dapat karma dan hukuman dan pahalanya. Tenang .. Gue mending di bego in orang karna baik, daripada jadi jahat karna satu hal.

———————————————————–

Ah…gue sih mending duitnya buat 1000 anak.. Buay A, B, C bla bla bla ….

Bagus !!! Sudahkah lo buat sesuatu? Kan lo mending duit lo buat itu… Nah kasihlah duit lo buat itu :)
Dan disisi lain,banyak yg support satinah ini, tmsk gw yang disaat bersamaan, juga kok masih ngerjain apa yang lo sebut2 tadi,
Tapi bukan tipe kalian yang harus nulis dan laporan di socmed.

Lo akan kaget saat baca proyek gw dan banyak sahabat yg diem2 aja,bertahun2 ttg issue2 yg lo tulis tadi.

Dan,yang paling penting,kan ini bukan uang lo. Yang kita butuhkan adalah kerelaan yang punya uang :)

———————————————————–

Trus gimana ama yang lainnya??? Banyak TKI yang gitu juga..
Nah…
Skarang gw tanya balik ..

Kalau gw tidak triak2 Satinah,apa kalian pernah denger namanya? Atau lebih besar kemungkinan skarang dia udah dipancung dan jadi satu bagian berita aja di koran?

Ini langkah gw nunjukkin ke semua anak muda,socmed,dll baha kalau lo triak,itu bisa.
Dan kalau pada buktinya,Banyak banget yang diumpetin pemerintah. Masih kurang kah buktinya?
Sadarkah lo,dengan satu ini, lain kali mrk pasti akan jadi jauh lebih hati hati?

Terutama saat ngadepin kita yang ternyata tauuuuuu selama ini diboongin???

Mulai bisa lihatkah kalian gambar besarnya?

Bayangin brapa banyak lagi yang kita diboongin slama ini ???

———————————————————–

Buzzer pemerintah sampai penulis ina inu untuk mencari selah…
Contoh,satu tulisan ttg emang buruh kt tidak terlatih dll…

Know what? Gw justru makasih. Kalian nolong. Kbtulan yang lagi bermasalah itu semua yang berangkat resmi. Jadi jangan peributkan yang ilegal.

Tepat…mana? Pajak kita yang buat pelatihan mrk? Mana uang mrk? Kok bs gak dilatih dan brangkat? Malah ada yg dibawah umur?
so yg nulis itu,mkasih kasih gw satu lagi angle untuk ditanyakan.

Tepat…mana pencatatan kalian,pemerintah ?mana pelatihan kalian? Sejuta badan yang ada ina inu TKI?

———————————————————–

Trus ini skarang mau apa?
“Kak nih ada kasus ini…”
“Kak kok ini ga diurus….”
“Kak ina inu”

Gw kerja,gw punya tangan dua,otak yang oon sering hang, dan kewajiban2 lain.
Jujur gw blg dr awal skarang.

Enggak. Ga mungkin gw urus atau gw handle semua. Kita ada 250jt orang. Bagi bagi lah.
Kalau dibagi,lebih cepet kelar.
Dan yg gw bertaun2 lakukan,coba tunjukin kalo kita bisa, suara kita ngaruh, ya gue bukain pintu…tapi ga mungkin semua gw handle.

Come on..brani angkat suara

Kita terus2an diboongin cuma karna kita juga diem2 aja melulu.

———————————————————–

Ah gw mending ga ikut pemilu lah….
Itu TOLOL

Mending lo dateng,masuk,trus pilih yang paling instinglo deket ketimbang enggak. Tau knapa? Faktanya gw tau saat lo ga hadir, ga nyoblos,itu dia saat is “Kaya” beli suara lo dan masukkin itu jadi nama dia.

Dan kedua,lo ga nyoblos? Lo ga akan punya hak protes apapun kedepan.

———————————————————–

———————————————————–

Langkah esok…..

Ini yang terpenting
Yang kemarin2 gw tutupi.

Ini baru awal. Masih panjang.
So,triakkan kita kemarin,menjaring hampir 7JUTA akun berbagai socmed
Termasuk yang benci.
Makasih ya lo pd actually membantu:)

Dan gw bukan pertama kalinya berhubungan dengan PBB, dan semalampun kasus ini diangkat oleh BBC yang menghubungi gue.
International sudah lama mencium banyak nya permainan disini.

Dan banyaknya warga kita yang demo di Swiss, akhirnya membuat pergerakan.

Kasus satinah, gw akan naikkan sebagai hal yang TIDAK SAH.
Mana ada sah kalau puntidak ada bantuan hukum?
Tidak ada translator?
Begitu jg dgn nasib yang lain yg lagi disidang. Hampir semua begitu. Entah apa yang mereka iya iya saja akui.
Wong bahasanya aja gak ngerti.
Tidak sah.

Di luar, negara lain, itu bagian dari pajak kita. Salah atau benar. Lo berhak didampingi pengacara. Kalau lo tidak ada uang, maka negara akan menyediakkan.

Mau nanti bener/ salah,bukan itu urusannya tapi HAK.

Entah brapa banyak orang dihukum mungkin atas hal yang mereka ga tau?

Dan sekarang kita udah ga bisa perbaikki karna oirangnya memang sudah dihukum mati??

Lalu apa pekerjaan para Kbri, Dubes, dll yang makan gaji kita tiap bulan?

Kasus ini akan berlanjut ke dunia.
Apa kabar para petani, buruh ,guru yang slama ini ga tau apa apa?
Maling ayam yg boro2 baca yang dia tandatangani,wong dia aja buta hurup??

Ada penyelewengan hak azasi disini.
Dan selama ini kita diam

Dan akhirnya ini akan bergulir,gw akan melanjutkan surat terbuka dgn bbrp badan ke PBB..dan SUDAH dilakukan tadi pagi.

———————————————————–

Maaaf kaalu ini tidak gw jelaskan diawal.
Terlalu banyak orang akan menjegal,orang yg lebih pinter ,kaya, hebat dll …

Tapi semoga lo bisa liat bahwa ini akhirnya bukan soal Satinah aja…
Tapi kalau tidak kita teriakkan,tidak akan bsa sampai ke titik besarnya.

Satu per satu kebohongan,orang orang yg tidak kerja terbuka.

Ini cuma “KIsah 15Hari”

Haruskah gw mulai dgn “KISAH 15 TAHUN” seperti Zaenab yang diurus sama Alm Gus Dur dan tidak berujung entah kemana?

Atau seorang terdakwa kita di singapura, buruh migran yg juga sbenarnya seorang aktivis,yang belum dibela pemerintah?

———————————————————–

Gw baru mulai.
Ini baru langkah awal.

Selamat datang di era kita sadar hak kita.

———————————————————–

Melanie S


TAGS


-

Author

Search

Recent Post