Pernyataan Sikap Migrant Care & Melanie Subono

15 Apr 2015

Pernyataan Sikap Migrant Care & Melanie Subono atas kejadian Siti Zaenab :

Migrant CARE mengutuk keras eksekusi pancung terhadap TKI Siti Zaenab yang dilakukan otoritas Saudi Arabia hari ini Selasa/14 April 2015 jam 10.00 waktu Madinah.

Eksekusi ini dilakukan tanpa pemberitahuan kepada Pemerintah RI sehingga melanggar tata krama diplomasi internasional.

Sikap tertutup pemerintah Saudi Arabia dalam mengeksekusi mati warga negara asing tanpa pemberitahuan juga terjadi saat TKI Ruyati dieksekusi 19 Juni 2011.

Kenyataan ini memperlihatkan pemerintah Saudi Arabia menyepelekan pemerintah RI.

Atas situasi tersebut Migrant CARE mendesak dan menuntut pemerintah RI untuk memprotes keras eksekusi dan sikap tertutup pemerintah Saudi Arabia.

Migrant CARE juga mendesak keseriusan pemerintah RI dalam mengadvokasi buruh migran Indonesia yang terancam hukuman mati.

Atas eksekusi terhadap Siti Zaenab, pemerintah RI harus secara terbuka meminta maaf terhadap keluarga Siti Zaenab atas kegagalan diplomasi pembebasan Siti Zaenab.

Langkah konkrit sebagai bentuk protes terhadap pemerintah Saudi Arabia adalah mengusir Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia (mempersona non gratakan).

Atas situasi ancaman hukuman mati yang masih dihadapi ratusan buruh migran Indonesia, pemerintah RI harus membuat langkah2 komprehensif dengan mengakhiri praktek hukuman mati di Indonesia agar memiliki legitimasi untuk memperjuangkan warga negaranya yang menghadapi hukuman mati di luar negeri.


(Rilis lebih lengkap akan dikirimkan segera) –
Anis Hidayah (Direktur) 081578722874,

Wahyu Susilo (Analis Kebijakan) 08129307964

Melanie Subono (Ambassador)
08158814320, 081290990804


TAGS


-

Author

Search

Recent Post